11/13/2017

Review Novel "PULANG"

Pulang 
 
Judul buku: PULANG
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tebal halaman : 400 halaman
 
 Buku karya Tere Liye ini menceritakan seorang pemuda dalam perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan untuk memeluk erat semua kebencian dan rasa sakit. Pulang, satu kata yang biasa diartikan kembali pada tempat terakhir setelah merasa lelah, butuh tempat istirahat dan penenang jiwa setelah semua urusan telah selesai. Pulang juga biasa diartikan kembalinya diri pada tempat perlindungan yang lebih ketika diri mulai merasa tidak aman, butuh bantuan dan tempat istirahat yang nyaman. 
 
Bujang, pemuda ini memiliki kepribadian yang berani, banyak mengambil resiko, namun tetap cerdas dan pintar. Dalam buku inipun kita dapat mengetahui sisi asli dari Bujang dan keluarga.
 
Banyak dari pembaca mengira bahwa buku ini tidak memiliki pesan moral karena mengandung cerita tentang dunia gelap atau shadow economy, namun sebenarnya buku ini mengajarkan kita agar lebih berani mengambil keputusan yang benar, apapun resikonya. Karena kebenaran adalah segalanya.
 
Namun, buku ini masih ada kelemahannya, salah satunya adalah terdapat beberapa cerita dimana pembaca harus mencerna lebih dalam, dikarenakan ada beberapa cerita yang sulit dipahami sehingga harus ada pengulangan bacaan.
 
Selain ada kelemahan, terdapat juga kelebihannya, yaitu pembaca akan disuguhkan dengan cerita-cerita yang sangat menantang dan dapat memberikan sensasi penasaran yang tinggi sehingga pembaca akan timbul rasa ingin tahu untuk membaca kelanjutan cerita.. 

No comments:

Post a Comment