10/27/2017

Sumbangsihku untuk Indonesia

Sumbangsihku untuk Indonesia

Ada yang mengatakan bahwa membela negara berarti membela kemerdekaan. Kemerdekaan berarti membela hak asasi manusia; berarti membela hak asasi bangsa dan itu merupakan hak nasional. Ada juga yang mengatakan bahwa membela negara itu berarti membela kemerdekaan dan membela rakyat sendiri yang berarti membela kehormatan.

Sebagai warga negara dan sebagai pribadi manusia, kita adalah bagian daripada bangsa Indonesia itu sendiri. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, kita wajib merasa senasib dan sepenanggungan dengan seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai mahasiswa, belajar dengan  sungguh-sungguh dalam membentuk masa depannya yang cerah untuk membangun bangsa ini kelak menuju arah yang lebih baik lagi merupakan salah satu sumbangsih untuk Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa anak bangsa  hari ini adalah cerminan bangsa ini di masa mendatang. Ini berarti bahwa apa yang dilakukan anak bangsa saat  ini adalah gambaran masa depan bangsa ini kelak.

Selain itu, kebanggaan menggunakan produk dalam negeri dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik itu juga sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada mahasiswa.  Kita sebagai mahasiswa  harus bangga menggunakan produk dalam negeri karena itu berarti kita berperan serta dalam memajukan perekonomian bangsa dan membebaskan bangsa ini dari penjajahan ekonomi asing saat ini.

No comments:

Post a Comment